RSS

Sleeping Buddha at Vihara Dharma Giri

Bicara tentang Bali tidak memulu harus pantai, tidak melulu harus pura, tidak melulu harus alam, budaya dan berbagai daya tarik yang biasa kita kenal. Bali memang tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Pasalnya, di pulau dengan mayoritas masyarakat Hindu ini, seluruh lapisan masyarakat dari berbagai ras, suku dan agama bisa hidup saling berdampingan dengan rukun dan damai. Terdapat berbagai tempat dan tradisi di Bali yang dapat mencerminkan hal tersebut. Pada tahun 2011, World Peace Committe menobatkan Bali sebagai Pulau Perdamaian Dunia.

Hal tersebut juga dapat dirasakan di Desa Pupuan, Kecamatan Pupuan, Tabanan. Di desa yang dilintasi jalur Denpasar – Pupuan – Singaraja tersebut terdapat sebuah vihara besar sebagai tempat peribadatan umat Budha yang bernama “Vihara Dharma Giri”. Untuk mencapai vihara ini tidaklah sulit karena berada di jalur utama menuju Munduk, Singaraja. selain itu, Vihara Dharma Giri juga dapat dicari menggunakan aplikasi Google Maps dengan rute yang akurat.


Sama halnya dengan vihara lainnya, vihara ini memang berfungsi sebagi tempat suci bagi umat Budha. Namun terdapat sebuah keunikan yang menjadikannya lebih menarik. Pada vihara ini terdapat sebuah patung dengan ukuran yang besar. Patung tersebut adalah patung Budha tidur atau sleeping Budha.

  

Patung Budha tidur memang banyak dijumpai baik di dalam ataupun di luar negeri. Namun ptung Budha tidur yang terletak di Tabanan ini memiliki keunikan tersendiri. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Vihara Dharma Giri diharapkan agar menggunakan pakaian yang sopan mengingat vihara merupakan tempat suci. Gunakanlah celana panjang, atau kalau tidak anda diwajibkan untuk menggunakan kain sebagi penutup kaki anda. Patung Budha tidur di vihara ini terletak di luar ruangan. Di depan patung ini disediakan tepat yang cukup luas dengan lantai yang terbuat dari kayu. Untuk memasuki areal ini anda diwajibkan untuk melepas alas kaki untuk mejaga kebersihan dan kesucian areal ini. Nah menariknya, ketika anda memasuki areal ini, anda tidak hanya dapat melihat pahatan patung Budha yang begitu indah, melainkan juga disuguhi pemandangan pegunungan yang semakin menyejukkan hati.


Di areal vihara ini juga terdapat sebuah prasasti yang bernama Prasasti Ashoka. Pada prasasti tersebut juga terdapat sebuah tiang beton yang menjulang dengan patung Singa sebagai mahkotanya. Jika anda merasa bingung ketika memasuki vihara ini, jangan sungkan untuk bertanya kepada pengurus vihara, karena mereka akan menyambut anda dengan ramah dan hangat.


Satu hal perlu diingat saat anda berkunjung ke Vihara Dharma Giri atau tempat-tempat suci lainnya adalah, gunakanlah pakaian yang sopan serta jagalah tingkah laku serta ucapan anda mengingat tempat tersebut merupakan tempat yang disucikan. Be a good traveller J

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comment(s):

Bali Tour Driver said...

sekarang menjadi tujuan wisata tourist asia, tempatnya bagus sekali. semoga sukses

Post a Comment